Tech

Cara melindungi komputer dari Ransomware

Cara menghentikan Trojans dan menyimpan data Anda secara aman.

Salah klik dan itu terjadi: Ransomware mengambil sandera komputernya sendiri. Ini sering terjadi hilangnya data penting dan pribadi. Kami memberikan tips tentang bagaimana Anda dapat melindungi dan mengambil data Anda ketika sebenarnya sudah terlambat.

Apa sebenarnya ransomware dan tipe apa yang ada?

Ransomware berarti semua jenis malware yang memblokir pengguna dari mengakses datanya sendiri (atau seluruh komputer) dan hanya mengembalikannya lagi setelah pembayaran ditebus. Contoh ransomware yang terkenal adalah Trojan Petya , Locky , Teslacrypt dan CryptoWall . Secara umum, Trojan terbagi menjadi dua jenis :

  • Biasa disebut crypto -Trojans (juga disebut Trojan Encrypt) mengenkripsi file dan membuatnya tidak dapat dibaca oleh pengguna. Mereka meminta ganti tebusan untuk mendeksripsi file-file tersebut, sehingga dapat diakses kembali seperti biasa. Contoh terkenal dari Trojan enkripsi semacam itu adalah Locky.
  • Trojan Lockscreen membiarkan file-file itu tidak tersentuh sendiri. Sebagai gantinya, mereka membatasi opsi input pengguna sehingga komputer tidak lagi dapat digunakan. Biasanya, layar kunci mencegah sistem bekerja dengan baik.

Kedua jenis ransomware memiliki kesamaan permintaan pembayaran tebusan melalui pemberitahuan di layar monitor. Sebagai imbalannya, pemeras menawarkan kata sandi atau kunci untuk mendekripsi data atau mengaktifkan kembali komputer. Sebuah pertanyaan moral apakah transfer semacam itu adalah respons yang benar terhadap pemerasan, ada juga pertanyaan tentang kepercayaan: tidak ada jaminan bahwa kunci dekripsi akan benar-benar diserahkan setelah pembayaran tebusan.

Virus jenis ini telah merusak beberapa ratus ribu komputer dan melakukan money laundry terhadap beberapa juta euro. 

Bagaimana saya bisa melindungi diri dari ransomware?

Umumnya disarankan untuk menggunakan perangkat lunak khusus seperti RansomFree atau Malwarebytes 3 untuk membantu keamanan memulai. Antivirus ini melindungi dari ancaman seperti Locky dan CryptoLocker, bahkan mematikan Trojan enkripsi yang tidak dikenal sebelum mereka merusak data mereka sendiri. Juga disarankan untuk mengikuti beberapa aturan dalam penggunaan PC dan Internet setiap hari untuk mencegah kemungkinan kerusakan dari malware pada umumnya dan ransomware pada khususnya:

  • Membuat cadangan
    Cara lama – tetapi tetap merupakan cara terbaik untuk mencegah kehilangan data. Buat cadangan data Anda secara berkala . serangan ransomware pada sistem Anda sendiri setidaknya terbatas. Jangan biarkan media penyimpanan untuk cadangan data Anda terhubung secara permanen ke komputer, karena Anda dapat menjadi korban enkripsi! Ini juga berlaku untuk network drives. Itulah sebabnya USB stick, hard drive eksternal, dan DVD cocok untuk pencadangan, yang hanya dapat disambungkan kembali saat sistem benar-benar aman dari virus. Jika Anda ingin memastikan, Anda dapat menggunakan System Operasi Linux seperti Knoppix untuk menyalin cadangan kembali ke komputer yang dibersihkan.
  • Instal pembaruan
    Setiap perangkat lunak yang diinstal pada komputer Anda, dari sistem operasi hingga aplikasi kantor hingga lingkungan runtime dan Flash Player yang terkenal, selalu ada celah keamanan potensial yang dimanfaatkan oleh programer malware. Untuk mengurangi celah keamanan, Anda harus selalu memperbarui semua program. Lebih baik menghapus perangkat lunak yang tidak perlu. Ini adalah kasus dengan Flash Player, misalnya, karena aliran video hari ini menggunakan codec MP4 dan tidak lagi menggunakan Flash.
  • Perlindungan terhadap situs web yang tidak aman Situs web yang tidak aman
    merupakan risiko besar karena mereka mencoba memasang malware di komputer Anda ketika Anda membukanya. Sayangnya, Anda tidak tahu apakah suatu halaman itu aman atau tidak. Karena jika Anda mencari sesuatu menggunakan mesin pencari, Anda akan selalu melihat situs web yang belum Anda kenal. Tetapi apakah mereka juga aman? Peramban seperti Firefox dan Google Chrome menggunakan layanan Google Safe Browsing untuk memperingatkan unduhan berbahaya. Dan add-on seperti NoScript mencegah JavaScript dari mengeksekusi kode berbahaya. Pemblokir iklan seperti uBlock Origin juga menyimpan daftar domain berbahaya dan memblokirnya dari iklan. Selain itu, beberapa perangkat lunak antivirus menawarkan perlindungan saat berselancar dan melawan situs web berbahaya.
  • Waspadalah terhadap tautan dalam email
    Tautan dalam email phising sering kali mengarah ke situs web palsu yang tidak dapat dibedakan dari sumber asli yang aman. Karena itu, sebelum mengklik tombol, perhatikan alamat web yang ditampilkan di sudut kiri bawah browser atau klien email Anda ketika Anda memindahkan pointer mouse ke atas tautan. Jika Anda dapat membaca URL yang tidak ada hubungannya dengan nama situs web yang dikunjungi atau operator situs web, Anda sebaiknya tidak mengkliknya.
  • Menggunakan bookmark
    Untuk perbankan online, perlindungan terbaik adalah melakukan bookmark terhadap situs web perbankan atau bank tabungan yang benar. Ini adalah cara Anda menghindari surel phising agar tidak diarahkan ke laman palsu yang mencuri data dan kata sandi pengguna Anda. Bookmark juga melindungi dari kesalahan pengetikan. Sayangnya, selalu ada kesalahan pengetikan yang memanggil halaman dengan nama yang mirip. Beberapa peretas dengan sengaja mendapatkan domain dengan nama yang hanya sedikit berbeda dari situs web yang banyak digunakan. Mereka berspekulasi tentang kesalahan pengetikan dan kemudian mencoba mendistribusikan kode berbahaya ketika mereka mengunjungi situs web mereka.
  • Hanya buka surat email dan lampiran dari pengirim yang dikenal
    Berkali-kali, email dari pengirim yang tidak dikenal melewati filter spam di kotak masuk email kami. Jika Anda mengikuti prinsip tidak membuka email dan khususnya lampiran dari pengirim yang tidak dikenal, Anda mengurangi risiko menjadi korban ransomware. Tetapi hal yang sama berlaku untuk bidang surat elektronik: tidak ada perlindungan 100%. Oleh karena itu disarankan untuk memeriksa pengirim email beberapa kali sebelum membuka email serta file atau tautan terlampir. Beberapa jenis file biasanya membuat Anda curiga, termasuk .asf, .exe, .avi, .mpg, .mbat, .scr, .zip, .rtf, .doc, .pif, .reg dan .vbs. Jika Anda mengenal pengirimnya secara pribadi, hubungi dia dan jika ragu tanyakan apakah email dan lampirannya berasal darinya.
  • Nonaktifkan Bantuan Windows Jarak Jauh
    Ransomware tidak hanya mengancam komputer lokal tetapi juga menginfeksi jaringan. Untuk tujuan ini, malware menggunakan Remote Desktop Protocol (RDP), yang memungkinkan akses jarak jauh ke Windows PC. Untuk keamanan, Anda harus menonaktifkan dukungan jarak jauh di properti sistem.
  • Menginstal perangkat lunak untuk perlindungan terhadap ransomware
    Selain melukan cadangan rutin dan penggunaan Internet yang cermat, Anda harus menginstal perangkat lunak perlindungan saat ini seperti RansomFree atau Malwarebytes 3 di komputer Anda untuk melindungi diri Anda dari ransomware seperti WannaCry.

Apa yang bisa saya lakukan jika saya menjadi korban ransomware?

Pembayaran tebusan yang diminta kepada peretas mungkin jelas untuk mendapatkan kembali akses ke datanya. Tapi bisakah Anda mempercayai penjahat? Tidak ada jaminan bahwa Anda akan menerima kata sandi untuk mendekripsi! Selain itu, tuntutan uang tebusan seringkali tinggi dan pembayaran secara moral salah, karena hal ini memotivasi para pelaku untuk melanjutkan.

Alat Trend Anti-Ransomware Mikro dapat menjadi penolong dalam keadaan darurat . Di antaranya, ia menciptakan stik USB yang dapat di-boot yang memungkinkan akses sistem mem-bypass layar kunci, dan kemudian membuang malware dari komputer. Menurut pabrikan, alat ini juga melindungi terhadap WannaCry ransomware , yang menginfeksi banyak komputer di seluruh dunia pada Mei 2017. Namun, perangkat lunak ini tidak dapat mendekripsi file yang terenkripsi. Setelah serangan ransomware, hanya satu hal yang membantu: Tunggu dan berharap kode di balik malware tersebut di-crack, yang dengannya file-file tersebut dapat didekripsi lagi. Jika Anda memiliki cadangan file saat ini, Anda tinggal melakukan restore dan dapat menggunakannya untuk mengembalikan.

Kami berharap Anda banyak sukses dalam melindungi data Anda dan perjalanan yang aman melalui Internet setiap saat!

Tags
Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close